PERANCANGAN ULANG INTERIOR SMA AISYIYAH BOARDING SCHOOL PUTRI DENGAN PENDEKATAN LEARNING COMMONS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SATRIA JUAN PABLO SIHOTANG

Informasi Dasar

37 kali
25.04.4319
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PERANCANGAN ULANG INTERIOR SMA AISYIYAH BOARDING SCHOOL PUTRI DENGAN PENDEKATAN LEARNING COMMONS
ABSTRAK
Perancangan ulang Aisyiyah Boarding School Putri Bandung dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan lingkungan belajar yang mendukung kenyamanan, privasi, serta pengembangan karakter santri secara menyeluruh. Sekolah ini menggabungkan kurikulum nasional dan keislaman berbasis nilai-nilai ‘Aisyiyah–Muhammadiyah, yang menuntut penyediaan fasilitas pendidikan dan asrama yang responsif terhadap kebutuhan akademik, spiritual, dan emosional santri perempuan. Permasalahan utama yang diidentifikasi mencakup ventilasi ruang kelas yang kurang optimal, kapasitas ruang yang tidak sesuai, tata asrama yang sempit dan minim privasi, serta ketiadaan ruang penunjang seperti area istirahat haid dan ruang belajar fleksibel. Perancangan menggunakan pendekatan Learning Commons, yang menekankan pada fleksibilitas ruang, kolaborasi, keterbukaan, integrasi teknologi, dan kenyamanan. Metode perancangan melibatkan observasi lapangan, studi literatur, dan analisis kebutuhan pengguna. Hasil yang diharapkan meliputi terciptanya ruang kelas dengan ventilasi alami yang baik, asrama dengan pengaturan tempat tidur yang lebih privat, serta area belajar dan bersosialisasi yang mendukung aktivitas literasi dan pembelajaran mandiri. Perancangan ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan sekolah berasrama yang inklusif, sehat, dan produktif, sekaligus memperkuat identitas santri sebagai muslimah yang mandiri dan berdaya.
Kata kunci : Boarding school, santri putri, ruang fleksibel, lingkungan belajar, sekolah berasrama.

INTERIOR REDESIGN OF AISYIYAH BOARDING SCHOOL FOR GIRL'S HIGH SCHOOL USING A LEARNING COMMONS APPROACH
ABSTRACT T
he redesign of Aisyiyah Boarding School for Girls in Bandung was motivated by the need for a learning environment that supports comfort, privacy, and the holistic character development of students. The school combines the national and Islamic curricula based on 'Aisyiyah-Muhammadiyah values, which requires the provision of educational facilities and dormitories that are responsive to the academic, spiritual, and emotional needs of female students. Key issues identified included suboptimal classroom ventilation, inadequate room capacity, cramped dormitory layouts with minimal privacy, and the lack of supporting spaces such as menstrual rest areas and flexible study spaces. The design used a Learning Commons approach, which emphasizes spatial flexibility, collaboration, openness, technology integration, and comfort. The design method involved field observations, literature review, and user needs analysis. The expected outcomes include the creation of classrooms with good natural ventilation, dormitories with more private sleeping arrangements, and study and social areas that support literacy activities and independent learning. This design is expected to create an inclusive, healthy, and productive boarding school environment, while strengthening the students' identity as independent and empowered Muslim women.
Keywords: Boarding school, female students, flexible space, learning environment, boarding school.

Subjek

KARYA ILMIAH
 

Katalog

PERANCANGAN ULANG INTERIOR SMA AISYIYAH BOARDING SCHOOL PUTRI DENGAN PENDEKATAN LEARNING COMMONS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vii, 118p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA JUAN PABLO SIHOTANG
Perorangan
Tita Cardiah, Tri Haryotedjo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • FCK4EAA6 - Tugas Akhir / Skripsi

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini