Sektor kuliner di Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu penyumbang terbesar jumlah unit UMKM, yaitu lebih dari 35% dari total UMKM, dengan Kabupaten Deli Serdang mencatat lebih dari 11.000 unit usaha kuliner (BPS Provinsi Sumatera Utara, 2024). Pertumbuhan ini menunjukkan potensi pasar yang besar, namun juga diiringi dengan tingkat persaingan yang semakin ketat. Kondisi tersebut menuntut pelaku usaha untuk memiliki strategi pengembangan yang terarah, berbasis analisis lingkungan internal dan eksternal, agar dapat mempertahankan dan meningkatkan daya saing. Dalam hal ini, salah satu pelaku usaha kuliner cepat saji berskala multi-cabang di Kabupaten Deli Serdang yaitu Ayam Gokil menghadapi tantangan berupa fluktuasi pendapatan dalam lima tahun terakhir, meningkatnya jumlah kompetitor, dan keterbatasan pemanfaatan teknologi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal dari Ayam Gokil agar dapat merumuskan alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi pengembangan bisnis yang relevan bagi usaha tersebut. Landasan teoritik penelitian mengacu pada konsep manajemen strategis dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM sebagai alat bantu formulasi strategi.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam yang dilengkapi proses kuantifikasi pada tahap penilaian faktor strategis.
Hasil penelitian menunjukkan skor IFE 2,90 yang mencerminkan kekuatan internal average dan skor EFE 2,98 yang menandakan respons medium terhadap peluang dan ancaman. Matriks IE menempatkan usaha pada sel V dengan strategi hold and maintain. Berdasarkan hasil matriks SWOT dan konfirmasi direkomendasikan strategi utama berupa inovasi menu, promosi digital, dan peningkatan kualitas layanan, selanjutnya QSPM merekomendasikan untuk memprioritaskan strategi alternatif dengan nilai TAS tertinggi yaitu “Memperluas jangkauan pasar melalui media sosial”.
Kata Kunci: Analisis SWOT, IFE, EFE, IE, Ayam Gokil, Formulasi Strategi, Matriks SWOT, Usaha Kecil, QSPM