Berkembangnya Instagram sebagai media edukasi, memunculkan sebuah fenomena di media sosial, yakni para dosen atau tenaga pendidik yang menjadi seorang konten kreator. Salah satu contoh dari fenomena ini ialah akun Instagram @ginanjarrahmawan, yang merupakan seorang dosen di STIE Surakarta yang menyajikan konten-konten tentang skripsi. Melalui penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana isi konten tentang skripsi pada akun Instagram @ginanjarrahmawan, dengan menggunakan konsep konten pilar, serta melihat bagaimana pengemasan konten tentang skripsi dari unsur visual dan naratifnya. Adapun metode yang digunakan ialah metode campuran, metode kuantitatif akan digunakan untuk mengklasifikasikan dan melihat frekuensi distribusi konten berdasarkan konten pilar, dan metode kualitatif dengan analisis isi konten untuk mendeskripsikan isi konten dan bagaimana pengemasan konten dari unsur visual dan naratif dari masing-masingh pilar. Hasil penelitian menemukan, terdapat 264 konten, dengan pilar edukasi yang mendominasi. Adapun isi kontennya yakni, pilar edukasi yang lebih mengarah ke hal-hal teoritis dan teknis tentang skripsi, pilar komunikasi yang lebih menyasar sisi emosional mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, dan pilar hiburan yang membahas tentang hal-hal yang relate dalam proses mahasiswa menyusun skripsi namun dikemas dalam bentuk humor yang menghibur. Pengemasan konten pada unsur visualnya yang menggunakan tipografi, videografi, warna, tata letak, serta unsur naratif yang terlihat dari narasi yang dibangun logis, alur cerita atau penggunaan storytelling, serta gaya bahasa yang menyesuaikan dengan isi atau tema kontennya.
Kata Kunci: Analisis konten, Empat pilar, Instagram, Konten skripsi, Media sosial.