PERANCANGAN UI/UX UNTUK GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DUSTIN RATZSAN PUTRA ADITYA

Informasi Dasar

52 kali
25.04.4570
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari memberikan berbagai manfaat seperti kemudahan dalam berkomunikasi, akses cepat terhadap informasi, peluang bekerja jarak jauh, serta hiburan tanpa batas. Namun, di balik sisi positif tersebut, internet juga membawa dampak negatif yang signifikan, termasuk penyebaran informasi palsu (hoax), kejahatan siber, dan terutama cyberbullying. Cyberbullying adalah tindakan perundungan di dunia maya yang dapat menimbulkan dampak serius bagi korban, seperti gangguan kecemasan, depresi, bahkan penurunan rasa percaya diri. Menurut Willard (2004), bentuk-bentuk cyberbullying meliputi flaming, online harassment, cyberstalking, denigration, masquerade, outing, dan exclusion. Fenomena ini biasanya melibatkan tiga pihak utama, yaitu korban, pelaku, dan pengamat, yang masing-masing berperan dalam dinamika interaksi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan langkah pencegahan yang tepat. Salah satu solusi yang diusulkan adalah pemanfaatan media digital berupa game edukatif. Dengan desain UI/UX yang optimal, game dapat memberikan pengalaman interaktif yang nyaman, membangkitkan empati, dan menjadi sarana efektif untuk mencegah serta mengurangi kasus cyberbullying di Indonesia.

Subjek

USER INTERFACE DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN UI/UX UNTUK GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vii, 48p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DUSTIN RATZSAN PUTRA ADITYA
Perorangan
Tiara Radinska Deanda, Muhammad Adharamadinka
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • FAK4CAA6 - Tugas Akhir

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini