Perawatan dan penataan rambut merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari yang berkontribusi terhadap identitas dan kepercayaan diri individu. Namun, keterbatasan akses terhadap informasi yang akurat mengenai perawatan dan gaya rambut masih menjadi kendala bagi sebagian besar masyarakat. Metode penelitian mengacu kepada kerangka kerja design thinking lima langkah yang dikembangkan oleh Stanford d.school (2010), dengan landasan filosofi menurut Tim Brown (2009). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode matriks perbandingan, user persona, emphaty map, dan user journey sebagai solusi dalam perawatan dan penataan rambut dengan pendekatan berbasis kebutuhan pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dalam industri perawatan dan penataan rambut dengan menyediakan layanan yang lebih personal, informatif, dan mudah diakses oleh pengguna.
Kata Kunci: Design Thinking, Aplikasi Mobile, Penataan Rambut, Perawatan Rambut