PENGARUH KREDIBILITAS SOCIAL MEDIA INFLUENCER TIKTOK TERHADAP PURCHASE BEHAVIOR SKINCARE THE ORIGINOTE PADA GENERASI Z DI INDONESIA - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

HELENA DITA ALFITRI

Informasi Dasar

154 kali
25.04.5077
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kredibilitas influencer media sosial TikTok terhadap purchase behavior produk skincare The Originote pada Generasi Z di Indonesia, dengan purchase intention sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin besarnya peran pemasaran melalui media sosial serta pengaruh signifikan influencer dalam membentuk keputusan konsumen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei daring. Data diperoleh dari 245 responden Generasi Z pengguna TikTok yang telah membeli produk The Originote. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trustworthiness, expertise, dan attractiveness dari influencer Dokter Detektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, purchase intention terbukti berpengaruh signifikan terhadap purchase behavior, serta trustworthiness, expertise, dan attractiveness berpengaruh positif dan signifikan  terhadap purchase behavior dimediasi oleh purchase intention . Penelitian ini menyimpulkan bahwa kredibilitas influencer merupakan faktor penting dalam membentuk purchase intention dan purchase behavior konsumen dalam konteks produk skincare. Berdasarkan hasil temuan ini, perusahaan disarankan untuk memperkuat kolaborasi dengan influencer yang kredibel, menerapkan strategi co-creation, serta mengembangkan pemasaran berbasis komunitas. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang berpotensi memengaruhi purchase behavior, serta memperluas konteks penelitian ke kategori produk dan platform media sosial yang lebih beragam.
 
Kata kunci: Kredibilitas influencer, trustworthiness, expertise, attractiveness, purchase intention, purchase behavior, TikTok, The Originote, PLS-SEM.
 

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH KREDIBILITAS SOCIAL MEDIA INFLUENCER TIKTOK TERHADAP PURCHASE BEHAVIOR SKINCARE THE ORIGINOTE PADA GENERASI Z DI INDONESIA - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
x, 157p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HELENA DITA ALFITRI
Perorangan
Maya Ariyanti, Salsabila Aisyah Alfaiza
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • SM791054 - E-MARKETING
  • SI231024 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini