PT. Agung Toyota adalah perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif industri, yang mengelola penjualan mobil Toyota yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. PT. Agung Toyota cukup aktif menggunakan teknologi dalam memenuhi kinerja efisiensi dan efektifitas perusahaan, seperti penggunaan aplikasi Automotive Management System yang dirancang untuk mengontrol semua aspek administrasi penjualan, pembelian dan distribusi kendaraan bermotor. Namun, masih ada keraguan dari alur kerja dan pertanyaan tentang bagaimana teknologi dan inovasi terkait akan mendorong transformasi digital dalam industri otomotif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama dan tantangan dominan dalam proses transformasi digital pada PT Agung Toyota, dengan fokus pada penggunaan aplikasi Automotive Management System (AMS). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 342 responden dari berbagai divisi yang memiliki akses terhadap AMS. Data dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori untuk mengungkap faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam proses digitalisasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tantangan utama dan dominan yang dihadapi perusahaan dalam implementasi transformasi digital. Pertama, resistensi terhadap perubahan yang menyebabkan karyawan masih menggunakan sistem manual. Perubahan menuju sistem digital dipersepsikan sebagai tantangan karena memerlukan penyesuaian terhadap pola kerja yang telah terbentuk. Kedua, kebaruan teknologi AMS belum menawarkan fitur-fitur inovatif yang membuat pekerjaan menjadi efisien. Ketiga, pemberdayaan pekerja pada aspek pelatihan dan pendampingan teknis terhadap penggunaan AMS masih belum memadai. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya perubahan budaya organisasi, inovatif teknologi dan perencanaan pelatihan dalam menyukseskan transformasi digital. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi manajemen strategis PT Agung Toyota dan perusahaan otomotif lainnya yang sedang menjalankan transformasi digital.
Kata kunci : Manajemen strategi, Transformasi digital, Tantangan transformasi digital, Industri otomotif.