PENGARUH EMOTIONAL APPEAL DAN FOMO TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA SAAT FLASHSALE TIKTOK DENGAN VISUAL APPEAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING - Dalam bentuk buku karya ilmiah

OTARI ADELIA BR.TAMBUNAN

Informasi Dasar

76 kali
25.05.533
658.834 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pertumbuhan pesat industri kosmetik di Indonesia, ditambah dengan semakin tingginya aktivitas konsumen di media sosial seperti TikTok, melahirkan fenomena baru dalam perilaku konsumsi yaitu impulsive buying yang dipicu oleh kampanye falsh sale. Emotional appeal dalam iklan yang menyentuh emosi konsumen serta fenomena fear of missing out (FOMO) akibat tekanan sosial dan keterbatasan waktu saat falsh sale menjadi pendorong utama munculnya keputusan pembelian spontan. Visual appeal seperti tampilan produk yang menarik, desain kampanye yang estetis, dan efek visual yang menonjol juga memperkuat persepsi konsumen untuk segera membeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 385 responden pengguna produk skincare Skintific di Indonesia. Lingkup penelitian ini mencakup variabel emotional appeal, FOMO, visual appeal, dan impulsive buying dalam konteks pemasaran digital di TikTok Shop. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa emotional appeal dan FOMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui visual appeal. Visual appeal juga terbukti berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian impulsif.

Kata Kunci : Emotional appeal, Fear of missing out, Visual appeal, Impulsive buying, TikTok, Falsh sale, Skincare, Konsumen Digital, Pemasaran Online, E Commerce.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH EMOTIONAL APPEAL DAN FOMO TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA SAAT FLASHSALE TIKTOK DENGAN VISUAL APPEAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xv, 150p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OTARI ADELIA BR.TAMBUNAN
Perorangan
Syahputra, Putu Nina Madiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini