Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain) adalah yang menyimpan banyak koleksi mengenari keberagaman hayati mulai dari sejarah alam Indonesia, flora dan fauna hingga hasil alam Indonesia, kerajinan alam yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia menjadi salah satu tempat yang menarik bagi pengunjung yang ingin belajar lebih banyak tentang keanekaragaman hayati Indonesia. Namun sayangnya Munasain terbilang kurang diketahui oleh Masyarakat Bogor, hal ini salah satunya dikarenakan ketidak adanya brand awareness serta kurangnya penerapan identitas visual Munasain. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat perancangan ulang identitas visual Munasian sebagai upaya untuk membangun kesadaran merek bagi Masyarakat Bogor, dalam perancangan ini dilakukannya metode studi pustaka, observasi, wawancara, kuesioner, analisis matriks perbandingan, dan analisis SWOT. Rebranding Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini meliputi perancangan buku Graphic Standar Manual (GSM) yang berisikan pedoman logo serta supergrafis, serta perancangan media pendukung berbasis AISAS seperti postingan Media sosial, Poster, Banner, dan Merchandise sebagai upaya meningkatkan Brand Awareness. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia adalah tempat penting untuk mempelajari sejarah dan memberikan edukasi tentang alam Indonesia. Oleh karena itu, dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat memperkuat citra museum dan memperkenalkan keberadaan Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia di kalangan masyarakat kota Bogor.
Kata kunci: Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Identitas Visual, Rebranding