Kebaya ialah salah satu kekayaan busana khas perempuan Indonesia. Kebaya bukan hanya peninggalan dari masa lampau, melainkan identitas bangsa yang bertahan sampai saat ini. Dari masa ke masa, kebaya memiliki banyak perubahan tanpa menghilangkan nilai kebaya itu sendiri. Di era modern ini, eksistensi kebaya sebagai pakaian keseharian kian dipertanyakan. Banyak generasi muda, khususnya Generasi Z, kurang mengenal kebaya sebagai pakaian sehari-hari. Pandangan ini membuat kehadiran kebaya hanya sekadar busana belaka tanpa mengetahui esensinya sebagai representasi perempuan Indonesia. Pengenalan kebaya sebagai pakaian keseharian merupakan upaya dalam melestarikan budaya leluhur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperkenalkan berbagai jenis kebaya pada Generasi Z. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui tahap observasi serta mewawancarai beberapa narasumber penggiat kebaya. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan melalui studi kepustakaan dari berbagai jurnal dan buku mengenai kebaya. Melalui media informasi yang menggunakan elemen visual menarik, seperti buku berilustrasi, pengenalan kebaya untuk Generasi Z diharapkan dapat tersampaikan dengan baik.