PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TIMEPHORIA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DHIANNISA SHABRINA YUWONO

Informasi Dasar

112 kali
25.05.592
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Influencer Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek Timephoria di media sosial TikTok, dengan Fear of Missing Out (FOMO) sebagai variabel mediasi. Fenomena meningkatnya penggunaan TikTok sebagai media pemasaran dan tingginya keterlibatan konsumen dalam konten yang dibuat oleh influencer menjadi latar belakang penting dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dan melibatkan 140 responden pengguna TikTok di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing dan E-WOM berpengaruh signifikan terhadap FOMO dan keputusan pembelian. Selain itu, FOMO terbukti memediasi pengaruh influencer marketing dan E-WOM terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi pemasaran yang memanfaatkan kredibilitas influencer dan kekuatan ulasan online dalam membentuk perilaku konsumtif konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks komunikasi pemasaran digital, serta memberikan implikasi praktis bagi pelaku bisnis kosmetik dalam menyusun strategi promosi di media sosial.
 
Kata Kunci: Influencer Marketing, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Fear of Missing Out (FOMO), Keputusan Pembelian, TikTok
 

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TIMEPHORIA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 96p.: il,; pdf file
English

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHIANNISA SHABRINA YUWONO
Perorangan
Ratih Hasanah Sudradjat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII7C6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini