Home
Search
Katalog & Koleksi
Katalog
Informasi
Layanan Ask a Librarian
Novel-U - Lomba Menulis Novel Seru di Kampus Tel-U
Open LIbrary Basic Information for International Students
Akses Buku Rujukan Pengenalan dan Pembekalan (Novel Ringan / Biografi Tokoh Terkenal / Menginspirasi)
Cara Akses dan Download eBook
Turnitin FeedBack Studio: Panduan Cepat untuk Akun Instruktur
Pengajuan Bahan Pustaka
Pemilihan Jurnal untuk Publikasi Ilmiah
Akses Eikon Refinitiv
Tata Cara Approval Laporan Magang & KP
Tentang Kami
Tahun Terbit
KOMPETENSI PELAYANAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS PEMERINTAH DI ERA JABAR CORPU (Studi Kasus di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
MIA DAMAYANTI
Informasi Dasar
Dilihat
91 kali
No. Katalog
25.05.597
Klasifikasi
000
Jenis katalog
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference
Abstraksi
Penelitian ini bermula dari data bahwa lebih dari 50% Badan Publik di Jawa Barat belum memenuhi standar “informatif” padahal sejak tahun 2008 Undang-Undang nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik mewajibkan pemenuhan standar tersebut pada pelayanan informasi dan komunikasi digital lembaga pemerintahan. Secara fenomenal, Tim Humas Pemerintah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menunjukkan kemampuan melakukan percepatan perubahan dari status “tidak informatif” menjadi “informatif” dan berhasil meraih puluhan penghargaan kehumasan di tingkat regional dan nasional di sepanjang tahun 2022-2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penguatan kompetensi pelayanan informasi dan komunikasi digital Humas Pemerintah di Dinkes Jabar dengan pendekatan Jabar CorpU dan kerangka teori kehumasan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus, melalui teknik wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi akseleratif dapat dilakukan karena ditopang oleh gaya kepemimpinan kehumasan yang suportif, kolaboratif, dan elaborative, yang sangat terbuka terhadap beragam inovasi, hingga efektif mendorong tumbuhnya ekosistem pembelajaran kolaboratif berbasis Jabar CorpU pada penguatan kompetensi literasi digital Humas Pemerintah, dan percepatan adopsi teknologi komunikasi digital. Transformasi digital Humas Pemerintah di Dinkes Jabar mencerminkan respon yang tinggi terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat pada pelayanan publik yang lebih transparan, responsif, dan partisipatif. Strategi pemanfaatan media dan teknologi digital yang dilakukan berhasil memperkuat peran humas pemerintah sebagai entitas komunikatif yang membangun kepercayaan masyarakat melalui keterbukaan informasi berbasis digital. Strategi komunikasi digital yang dikembangkan telah bergeser dari pendekatan informatif menjadi relasional, membentuk hubungan dua arah yang simetris dan berkelanjutan dengan publik. Humas Dinkes Jabar telah secara konsisten membangun sistem digital, memperkuat kapasitas SDM berbasis Jabar CorpU, dan menanamkan nilai etika serta tanggung jawab sosial dalam setiap layanan informasi. Pendekatan strategis ini direkomendasikan untuk direplikasi oleh badan publik lainnya dalam memperkuat tata kelola komunikasi digital pemerintahan.
Kata Kunci: Dinas Kesehatan Jawa Barat; Humas Pemerintah; Jabar CorpU; Komunikasi Digital; Pelayanan Informasi Digital.
Subjek
Subjek utama
ILMU KOMUNIKASI
Subjek tambahan
Katalog
Judul
KOMPETENSI PELAYANAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS PEMERINTAH DI ERA JABAR CORPU (Studi Kasus di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
ISBN
Kolasi
xiv, 1`64p.: il,; pdf file
Bahasa
Indonesia
Sirkulasi
Harga pinjam
Rp. 0
Biaya denda
Rp. 0
Sirkulasi
Tidak
Pengarang
Nama
MIA DAMAYANTI
Jenis
Perorangan
Penyunting/
Pembimbing
Martha Tri Lestari
Alih bahasa
Penerbit
Nama
Universitas Telkom, S2 Ilmu Komunikasi
Kota
Bandung
Tahun
2025
Koleksi
Total
1 Koleksi
Tersedia
1 Koleksi
Kompetensi
KII6D3 - KOMUNIKASI GLOBAL DI ERA DIGITAL
Download / Flippingbook
Link file
01. Letter of Acceptance (Publish External Only) (letter_of_acceptance.pdf)
belum pernah diunduh
02. Cover (cover.pdf)
belum pernah diunduh
03. Disclaimer (Pernyataan Orisinalitas) yang sudah bertandatangan. (File discan agar document jelas dan rapi) (disclaimer.pdf)
belum pernah diunduh
04. Lembar Pengesahan yang sudah bertandatangan. (File discan agar document jelas dan rapi) (lembarpersetujuan.pdf)
belum pernah diunduh
05. Lembar Revisi (lembarrevisi.pdf)
belum pernah diunduh
06. Abstrak ( Indonesia ) (abstraksi.pdf)
belum pernah diunduh
07. Abstract (English) (abstract.pdf)
belum pernah diunduh
09. Kata Pengantar (kpdi.pdf)
belum pernah diunduh
10. Daftar Isi (daftarisi.pdf)
diunduh 1 kali
11. Daftar Gambar (daftargambar.pdf)
belum pernah diunduh
12. Daftar Tabel (daftartabel.pdf)
belum pernah diunduh
15. Daftar Lampiran (daftarlampiran.pdf)
belum pernah diunduh
16. BAB 1 (bab1.pdf)
belum pernah diunduh
17. BAB 2 (bab2.pdf)
belum pernah diunduh
18. BAB 3 (bab3.pdf)
belum pernah diunduh
19. BAB 4 (bab4.pdf)
belum pernah diunduh
20. BAB 5 (bab5.pdf)
belum pernah diunduh
24. Daftar Pustaka (dp.pdf)
belum pernah diunduh
26. Lampiran (lampiran.pdf)
belum pernah diunduh
28. Materi Presentasi (materipresentasi.pdf)
belum pernah diunduh
30. Hasil Pengecekan Similarity Jurnal di Ithenticate (similarity_result.pdf)
belum pernah diunduh
Rekomendasi
Ulasan
Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini
Kembali