STUDI FENOMENOLOGI LITERASI MEDIA BARU CONTENT CREATOR PT KERETA API INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD THIFAL ATHAULLAH

Informasi Dasar

59 kali
25.04.5280
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

TikTok sebagai platform berbagi video telah mendorong munculnya kreator konten dengan tema khusus, termasuk kereta api. Dalam konteks media partisipatif, kreator tidak hanya menyajikan hiburan, tetapi juga membentuk praktik komunikasi yang personal dan kolaboratif. Hal ini menuntut keterampilan literasi media baru yang mencakup aspek teknis, sosial, dan kultural. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kreator konten bertema kereta api menerapkan keterampilan literasi media baru menurut Jenkins (2009). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan lima informan yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan sangat bervariasi antar kreator, dipengaruhi oleh pengalaman, motivasi, serta kolaborasi. Keterampilan judgment, performance, transmedia navigation, dan networkingmenjadi yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan bahwa literasi media baru memainkan peran penting dalam membentuk identitas kreator, memperluas jejaring, dan memperkuat relasi dengan audiens.
Kata kunci : Literasi media baru, Content creator, TikTok, PT Kereta Api Indonesia, Participatory Culture
 

Subjek

DIGITAL LITERACY
 

Katalog

STUDI FENOMENOLOGI LITERASI MEDIA BARU CONTENT CREATOR PT KERETA API INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD THIFAL ATHAULLAH
Perorangan
Clara Novita Anggraini, Clara Novita Anggraini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EAK4QBA4 - Skripsi

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini