Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kredibilitas pada akun influencer anonim dalam membangun kepercayaan audiens terhadap informasi di media sosial, khususnya pada platform TikTok. Penelitian ini mengkaji pengaruh kredibilitas akun TikTok @dokterdetektif (2,1 Juta Followers) terhadap tingkat kepercayaan followers. Penelitian kuantitatif dilakukan melalui kuesioner kepada 400 followers akun TikTok @dokterdetektif. Kuesioner skala likert 4 poin digunakan untuk mengukur dimensi kredibilitas (attractiveness, expertise, dan trustworthiness) dan kepercayaan (trusting intentions dan trusting belief). Hasil penelitian menunjukkan dimensi kredibilitas memiliki nilai sangat tinggi. Selain itu hasil uji statistik menggunakan SPSS menunjukkan adanya korelasi atau hubungan signifikan antara kredibilitas akun dan kepercayaan followers (r=0,576 > 0,05), dimana kepercayaan dijelaskan 43,4% oleh kredibilitas. Temuan ini membuktikan bahwa kredibilitas menjadi landasan utama dalam membentuk kepercayaan terhadap informasi. Saran secara akademis, penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menggunakan subjek, objek, maupun metode yang berbeda agar memperoleh sudut pandang lebih luas dan mendalam. Sementara secara saran praktis, influencer disarankan untuk membangun dan mempertahankan kredibilitas yang baik untuk meningkatkan kepercayaan audiens atau followers terhadap informasi. Sementara itu, audiens atau followers diharapkan lebih kritis dalam menerima dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari media sosial.
Kata Kunci: Kredibilitas, Media Sosial, TikTok, Kepercayaan, Informasi