Revolusi industri 4.0 telah mengubah cara bisnis beroperasi, terutama dalam
digitalisasi proses UMKM di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi masalah yang dihadapi pengguna marketplace bahan bangunan
XYZ.com dan mengembangkan solusi menggunakan pendekatan Value Proposition
Design. XYZ.com menghadapi tantangan dalam adopsi dan kepuasan pengguna,
yang menjadi fokus utama penelitian ini. Tujuan penelitian mencakup pemahaman
mendalam terhadap kebutuhan dan kesulitan pengguna serta pengembangan solusi
inovatif yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di XYZ.com,
terutama mewujudkan layanan sesuai dengan apa yang konsumen inginkan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, yang
memungkinkan peneliti mendapatkan wawasan yang komprehensif mengenai
pengalaman dan kebutuhan pengguna. Pendekatan teori yang digunakan dalam
penelitian ini menggabungkan wawasan dari konsumen dengan tujuan menciptakan
purnarupa yang cepat dan mengatasi hambatan dalam solusi efektif.
Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis
untuk meningkatkan layanan XYZ.com serta menambah literatur mengenai
pengembangan platform di Indonesia. Dengan menerapkan pendekatan Value
Proposition Design, penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi yang tepat
guna dan berbasis kebutuhan pengguna dengan menunjukan kelebihan produk
kepada pelanggan. Meciptakan nilai dan daya tarik sehingga dapat membantu
XYZ.com dalam menghadapi tantangan yang ada dan meningkatkan kepuasan
pengguna secara keseluruhan.