Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh 8 (delapan) wirausaha wanita di Kota Bandung dalam menghadapi tantangan kewirausahaan tradisional dan digital, serta untuk menganalisis peran media sosial dalam mengatasi tantangan tersebut.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi lapangan, dan observasi media sosial. Wawancara dilakukan dengan 8 (delapan) wirausaha wanita di Kota Bandung dengan kriteria yang telah ditentukan.
Para pelaku usaha secara aktif mengembangkan keterampilan kewirausahaan serta membangun jaringan di bidang profesional dengan cara dan kebutuhan masing-masing bisnis. Media sosial terbukti dapat membantu wirausaha wanita dalam menghadapi tantangan kewirausahaan tradisional, mereka memanfaatkan media sosial secara bertahap, dengan pendekatan otodidak dan adaptasi terhadap fitur digital. Mereka juga secara aktif mencari solusi dan mengatasi tantangan yang dihadapi dalam kewirausahaan digital.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tantangan kewirausahaan masih signifikan, wirausaha wanita menunjukkan ketangguhan dan strategi adaptif dengan memanfaatkan media sosial untuk memperkuat keberlanjutan bisnis mereka.
Kata kunci: wirausaha wanita, tantangan kewirausahaan, media sosial