ABSTRAK
Penetrasi pengguna internet di Indonesia peningkatan yang pesat, yang juga didorong oleh perkembangan teknologi telepon seluler, operator seluler dan sosial media. Pengguna internet Indonesia didominasi oleh konsumen yang mengakses internet melalui telepon seluler, yang berasal dari generasi Milenial dan generasi Z, yang mayoritas menggunakannya untuk mengakses sosial media. Instagram merupakan salah satu sosial media yang populer digunakan generasi Milenial dan generasi Z, yang dimanfaatkan untuk hiburan, mencari informasi, mengikuti trend, mendapatkan promosi event, produk dan hal lainnya.
IM3 sebagai operator seluler yang memiliki target pasar generasi Milenial dan generasi Z, memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk berkomunikasi dan promosi produk kepada konsumen. Melalui berbagai jenis konten yang dibuat, akun @IndosatIM3 ingin memberikan manfaat dengan memberikan informasi yang dapat dipercaya, promosi yang menarik sehingga konsumen tetap bersedia menjadi pengikut @IndosatIM3. Pemahaman tentang konten yang menarik menjadi hal penting, untuk memastikan konsumen tetap menjadi pengikut akun @IndosatIM3.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu melakukan penelitian terhadap sampel melalui pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Partial Least Squares Structural Equation Modeling dengan software SmartPLS.
Dalam penelitian ini terdapat 4 faktor yaitu Monetary Benefit, Information Reliability, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use yang akan diteliti hubungannya dengan Intention to Use Instagram @IndosatIM3. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 341 responden. Sampling penelitian ditentukan dengan metode Purposive Sampling dengan kriteria follower Instagram IM3 yang menggunakan produk IM3 atau pernah berinteraksi dengan konten Instagram IM3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use dan Monetary Benefit secara signifikan meningkatkan Perceived Usefulness dan Intention to Use, sedangkan Information Reliablity hanya memengaruhi Perceived Usefulness. Dari sisi manajerial, penting untuk mengoptimalkan desain antarmuka yang intuitif, menyediakan promosi, diskon, dan bundling, dan memastikan keakuratan informasi.
Kata kunci: Monetary Benefit, Information Reliability, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Intetion to Use