Kabupaten Klaten memiliki potensi besar dalam pengembangan ekosistem kreatif melalui keberadaan ruang-ruang kreatif yang tersebar di berbagai wilayah. Namun, keterbatasan akses informasi mengenai lokasi dan kegiatan ruang kreatif menjadi hambatan bagi masyarakat, terutama generasi muda, untuk terlibat aktif dalam kegiatan positif dan produktif. Pada perancangan ini bertujuan untuk merancang guide map sebagai media informasi publik yang menyajikan informasi lokasi, aktivitas, dan potensi ruang kreatif secara visual dan interaktif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis SWOT teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta penyebaran kuesioner kepada target audiens berusia 15–24 tahun. Hasil dari perancangan ini berupa guide map ruang kreatif dan media pendukung seperti zine, poster, postcard, stiker, dan linktree, yang dirancang dengan gaya flat design agar menarik dan mudah untuk diakses. Perancangan guide map ruang kreatif sebagai media informasi publik ini diharapkan menjadi media yang mampu mendukung pengembangan ekosistem kreatif di Klaten secara optimal dan mendorong partisipasi aktif anak muda di Klaten dan sekitarnya.
Kata Kunci : Klaten, Ruang Kreatif, Guide Map, Media Informasi, Desain Visual