Kemajuan teknologi digital dan infrastruktur yang semakin andal telah mendorong perubahan besar dalam cara bisnis dijalankan. Perubahan digital ini turut memberikan dampak signifikan terhadap proses internasionalisasi UMKM berorientasi ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapabilitas ekspor yang terdiri dari market intelligence capability, product innovation capability, pricing capability, marketing communication capability, distribution capability dan product development capability terhadap terhadap MSME’s Performance melalui Competitive Advantage pada UMKM yang dikelola oleh pelaku usaha perempuan di Jawa Barat.
Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku usaha perempuan yang mengelola UMKM Ekspor di Jawa Barat. Metode pengambilan sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sumber data primer yang digunakan pada penellitian ini yaitu kuisioner yang disebar secara online melalui Google Form dan data dikumpulkan dari 254 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kapabilitas ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, yang pada gilirannya berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kinerja UMKM. Namun demikian, kapabilitas distribusi dan pengembangan produk tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Temuan ini memperkuat teori resource-based view (RBV) dengan menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif berbasis kapabilitas internal merupakan determinan utama dalam mendorong performa ekspor UMKM, khususnya di kalangan pelaku usaha perempuan.
Kata Kunci: UMKM perempuan, Export Capability, Competitive Advantage, MSME’s Perfomence.