Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa jika perusahaan dapat mencapai kinerja perusahaan yang efektif, maka perusahaan perlu memperhatikan kinerja karyawan yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, dua diantaranya yaitu pengembangan kompetensi dari sumber daya manusia dan budaya organisasi yang terdapat dalam perusahaan, hal ini dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, dalam penelitian ini, untuk mengetahui tingkat kinerja perusahaan yang efektif ialah dengan menggunakan pengukuran Balanced Scorecard menurut pendapat (Kaplan dan Norton, 2000:22).
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena hubungan antara pengembangan kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja perusahaan yang dimediasi oleh kinerja karyawan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode yang digunakan untuk meneliti sampel adalah dengan penyebaran kuesioner kepada 131 karyawan Bank X dan diolah menggunakan PLS-SEM.
Hasil dari penelitian ini adalah seluruh hipotesis diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pengembangan kompetensi terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, pengembangan kompetensi terhadap kinerja perusahaan, budaya organisasi terhadap kinerja perusahaan, dan kinerja karyawan terhadap kinerja perusahaan. Selain itu juga kinerja karyawan terbukti berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh antara pengembangan kompetensi dengan kinerja perusahaan, serta budaya organisasi dengan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan bukti bahwa untuk dapat mencapai kinerja perusahaan yang efektif, maka perusahaan perlu memperhatikan kinerja karyawan yang dapat dipengaruhi oleh pengembangan kompetensi dan budaya organisasi yang terdapat dalam perusahaan.
Kata Kunci: Pengembangan kompetensi, budaya organisasi, kinerja perusahaan, dan kinerja karyawan.