PENGARUH SOCIAL MEDIA USAGE DAN E-WOM PADA TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND EQUITY (Studi Kasus Pada Brand Skintific di Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

JEANY AURIEAL LIBERTY CARANDY

Informasi Dasar

35 kali
25.05.751
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penjualan produk perawatan kulit di Indonesia yang terus meningkat, menunjukkan semakin tingginya minat negara ini terhadap produk kecantikan dan perawatan pribadi. Dalam dunia bisnis yang kompeititif seperti ini, pentingnya dilakukan analisa terhadap minat beli untuk membantu pemasar memprediksi produk apa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh social media usage dan e-WOM terhadap purchase intentionmelalui brand equity, dengan fokus pada salah satu merek skincare yakni Skintific di Indonesia. Adapun tujuan lain dari penelitian ini ialah untuk memahami perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian Skintific melalui social media Tiktok di Indonesia. 

Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling, sejumlah 411 responden. Metode analisis data selanjutnya dilakukan menggunakan SmartPLS versi 4.1.0.9.

Hasil penelitian menunjukan bahwa social media usage dan e-WOM sama-sama meningkatkan brand equity. Selain memiliki pengaruh positif terhadap purchase intentionbrand equity juga bertindak sebagai mediator antara kedua variabel tersebut. Studi ini memberikan kontribusi pada literatur pemasaran digital dengan menjelaskan mekanisme bagaimana brand equity memengaruhi niat konsumen dalam industri beauty and personal care. Selain itu, studi ini juga meningkatkan wawasan praktis bagi para pemasar yang ingin memaksimalkan nilai merek dan perilaku pembelian konsumen melalui media sosial.

Dari hasil penelitian, diharapkan Skintific dapat lebih memperhatikan variabel Social Media Usage dan Brand Equity, terutama pada interaksi yang dilakukan oleh konsumen di Tiktok. Interaksi konsumen yang masih rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan fitur polling, Q&A, live chat secara rutin, dan membalas komentar audiens. 
 
Keywords Brand equity, electronic word-of-mouth, Skintific, TikTok, purchase intention
 

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

PENGARUH SOCIAL MEDIA USAGE DAN E-WOM PADA TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND EQUITY (Studi Kasus Pada Brand Skintific di Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JEANY AURIEAL LIBERTY CARANDY
Perorangan
Citra Kusuma Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini