ABSTRAK
Nilai Perusahaan adalah salah satu sumber kekuatan yang menggambarkan keadaan perusahaan kepada pihak luar. Pihak luar dapat berupa masyarakat umum, stakeholder, pengamat ekonomi, dan calon investor. Nilai perusahaan yang tinggi menandakan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang baik dan memiliki prospek masa depan yang dapat dipercaya oleh oleh investor. Nilai perusahaan sangat penting bagi perusahaan, karena dengan adanya peningkatan nilai perusahaan maka harga saham juga akan mengalami peningkatan yang mencerminkan kesejahteraan pemegang shaam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan Carbon Emission terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 periode 2021-2023. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang diambil melalui website resmi perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12. Pengujian hipotesis ini dilakukan secara parsial dan simultan dengan menggunakan Uji F dan Uji t. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumalh sampel 25 perusahaan untuk periode 3 tahun sehingga jumlah data yang didapatkan sebanyak 75 data. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa leverage, ukuran perusahaan, dan Carbon Emission berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 periode 2021-2023. Secara parsial leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Carbon Emission secara parsial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Carbon Emission, leverage, nilai perusahaan, ukuran perusahaan.