Penggunaan Learning Management System (LMS) menjadi bagian penting dalam mendukung pembelajaran daring di Telkom University. Namun, beberapa permasalahan pada antarmuka pengguna LMS, seperti informasi penting memakan waktu yang lebih lama untuk ditemukan sehingga berdampak negatif terhadap pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tampilan LMS dan merancang ulang antarmukanya dengan pendekatan User-Centered Design (UCD) serta menggunakan metode eye tracking sebagai pendukung.
Metodologi penelitian terdiri dari identifikasi masalah melalui kuesioner dan dengan user scenario pada saat menggunakan eye tracking. Selanjutnya dilakukan perancangan ulang tampilan menggunakan prototype Figma dan evaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan dua masalah utama, yaitu informasi penting yang sulit ditemukan dan tampilan yang kurang menonjol. Setelah dilakukan perbaikan, skor SUS meningkat dari 71 menjadi 85, menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek kegunaan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi metode UCD dan eye tracking dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan tingkat usability LMS.
Kata kunci: eye tracking, learning management system, system usability scale, UI/UX, usability, user-centered design.