PERANCANGAN IKLAN BRAND PRELOVED INDONESIA “FIRST TO TREND, SECONDHAND TO SPEND” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KEPADA GEN-Z DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADHY WICAKSANA PRATAMA

Informasi Dasar

46 kali
25.04.6665
659.132
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan media sosial telah mengubah cara Gen-Z berekspresi melalui fashion, memunculkan fenomena thrifting atau jual beli pakaian preloved sebagai pilihan gaya hidup yang unik, hemat, dan berkelanjutan. Meskipun potensinya besar, Aplikasi Preloved sebagai platform khusus jual beli barang bekas di Indonesia masih menghadapi tantangan rendahnya brand awareness di kalangan Gen-Z. Penelitian ini bertujuan merancang kampanye iklan yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek Aplikasi Preloved dengan mempromosikan aktivitas thrifting sebagai gaya hidup trendi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan kerangka AOI, SWOT, dan AISAS untuk memahami perilaku konsumen dan merumuskan strategi yang tepat. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah konsep kampanye bernama "Loak 'N Roll," sebuah acara hybrid yang menggabungkan konser musik dengan pasar preloved. Kampanye ini dirancang untuk menarik perhatian Gen-Z melalui media visual dan pesan yang relevan, menyoroti thrifting sebagai cara cerdas untuk tampil gaya, mengekspresikan diri, dan mendukung ekonomi sirkular. Diharapkan kampanye ini dapat membangun persepsi positif dan meningkatkan interaksi pengguna terhadap Aplikasi Preloved

Kata kunci: Kampanye Iklan, Preloved, Gen-Z, Brand Awareness, Aplikasi Preloved

Subjek

ADVERTISING MEDIA
 

Katalog

PERANCANGAN IKLAN BRAND PRELOVED INDONESIA “FIRST TO TREND, SECONDHAND TO SPEND” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KEPADA GEN-Z DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHY WICAKSANA PRATAMA
Perorangan
Nina Nursetia Ningrum, Ligar Muthmainnah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • FAK2BIB3 - Advertising and Media

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini