Perbandingan Convolutional Neural Network dan Support Vector Machine untuk Klasifikasi Pertanyaan Siswa pada Perangkat Pembelajaran Berbasis ChatGPT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

BRILLIANT JORDAN

Informasi Dasar

10 kali
25.04.6971
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecerdasan Buatan (AI) telah merevolusi alat pendidikan dengan memungkinkan sistem yang secara proaktif memahami dan merespons kebutuhan siswa. ChatGPT, sebuah model generatif yang banyak digunakan untuk pendidikan di Indonesia. Namun, model ini kesulitan untuk mengklasifikasikan pertanyaan siswa secara akurat karena frasa yang ambigu, struktur kalimat yang tumpang tindih, dan kesulitan mengenali maksud, yang membatasi efektivitasnya sebagai asisten pembelajaran. Penelitian ini membandingkan kinerja Convolutional Neural Networks (CNN), yang mengekstrak fitur-fitur penting secara lokal dari rangkaian kata dengan Support Vector Machines (SVM) dalam mengklasifikasikan pertanyaan siswa yang dikenal mampu menangani data berdimensi tinggi dan secara efisien menemukan hyperplane yang optimal untuk klasifikasi teks. Sebuah dataset yang terdiri dari 2.797 interaksi ChatGPT Indonesia (71% jelas vs. 29% tidak jelas) telah diproses sebelumnya melalui case folding, penghilangan stop-word, stemming, dan tokenisasi, diikuti dengan augmentasi data berdasarkan sinonim, yang diterapkan pada kelas minoritas untuk menyeimbangkan dataset. Model-model tersebut disetel melalui pencarian grid atau acak dengan pengujian prediksi model terbaik menggunakan perbandingan validasi silang 5 kali lipat di tiga pembagian data (70:30, 80:20, dan 90:10). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CNN mencapai akurasi, presisi, recall, dan F1-score yang seimbang yaitu 0,90 pada pembagian 90:10, mengungguli SVM, yang mencapai akurasi 0,85 dan turun menjadi 0,76 dalam skor F1. Filter yang disematkan pada CNN menemukan keumuman dari variasi leksikal melalui proses augmentasi, sementara vektor TF-IDF yang jarang dalam SVM gagal mempertahankan tingkat semantik ini. Temuan ini menggarisbawahi bahwa CNN lebih adaptif terhadap data yang beragam dan lebih cocok untuk diintegrasikan ke dalam alat edukasi berbasis ChatGPT, terutama dalam mendukung klasifikasi yang andal dan umpan balik AI yang dipersonalisasi dalam konteks pembelajaran siswa.

Subjek

DATA SCIENCE
 

Katalog

Perbandingan Convolutional Neural Network dan Support Vector Machine untuk Klasifikasi Pertanyaan Siswa pada Perangkat Pembelajaran Berbasis ChatGPT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRILLIANT JORDAN
Perorangan
Kemas Muslim Lhaksmana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini