Twitter merupakan sebuah platform dimana penggunanya dapat dapat berbagi pikiran mereka, berita, informasi dan lainnya. Melalui Twitter dapat dilakukan analisis konteks sosial dengan sistem komputasi atau yang biasa disebut dengan social computing. Social computing hadir sebagai cara dalam memanfaatkan kehadiran big data. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) yang dapat membentuk pola-pola interaksi sosial yang terjadi antar individu dan individu di dalam komunitas. Penelitian yang berjudul “Analisis Influencer Untuk Alternatif Strategi Pemasaran KompasTV Menggunakan Model Jejaring Sosial Dengan Keyword “kompastv” di Twitter” ini bertujuan untuk mendeteksi komunitas dan menentukan influencer pada setiap komunitas yang ada untuk memasarkan produk.
Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan semua tweet yang berisi percakapan mengenai KompasTV selama tujuh hari tanpa batasan lokasi dimana tweet tersebut dibuat untuk dijadikan populasi. Sedangkan untuk sampel penelitian, data yang digunakan adalah tweet yang berisi percakapan mengenai KompasTV berupa reply, mention, dan retweet. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode SNA. Ukuran yang diteliti adalah degree centrality, closeness centrality, betweeness centrality, eigenvector centrality dan community detection.
Dari hasil penelitian didapatkan 1025 nodes atau akun dan 888 edges atau interaksi yang terjadi selama tujuh hari pada pola interaksi sosial percakapan mengenai KompasTV. Ada delapan account yang menjadi influencer di dalam network pada tujuh komunitas terbesar.
Kata Kunci : Social Network, Influencer, Centrality, Community Detection, Strategi Marketing