ABSTRAK
Baru-baru ini di tahun 2008, TEBS Telkom University yang dahulunya Im Telkom mulai membangun Program Studi dan upaya-upaya penumbuhan mindset wirausaha agar jiwa dan semangat entrepreneur mulai tumbuh sejak kalangan mahasiswa atau dibangku kuliah, sehingga tidak ada lagi pikiran mahasiswa untuk bekerja ketika lulus nanti. Tetapi Nilai inti Entrepreneurial di FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Telkom belum diukur berdasarkan keinginan untuk menumbuhkan jiwa wirausahanya.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, dimana penelitian ini digunakan untuk mengetahui gambaran dan fenomena yang terjadi dalam sebuah penelitian. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui permasalahan pada salah satu nilai inti (Entrepreneurial) di TEBS Universitas Telkom. Analisis ini menggunakan skala likert untuk mengetahui persepsi mengenai EOS dan ELQ, dan menggunakan SPSS untuk menguji validitas dan reliabilitas.
Melalui rata-rata skor dari 13 dimensi yang diajukan mengenai variabel Entrepeneurial Orientation Survey (EOS), maka dapat diketahui bahwa tanggapan responden mengenai variabel Entrepeneurial Orientation Survey (EOS) termasuk dalam kategori “Ragu-ragu”. Melalui jumlah skor tanggapan dari 7 pernyataan yang diajukan mengenai dimensi Minner, maka dapat diketahui bahwa tanggapan responden mengenai dimensi Minner termasuk dalam kategori “Penting”.
Agar pihak Institusi bisa lebih mengembangkan nilai budaya Entrepreneurial di FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Telkom, dan mampu meningkatkan kreatifitas dalam menciptakan ide-ide yang dimiliki dalam pengembangan jiwa Entrepreneurial.
Kata kunci : Budaya Entrepreneurial