Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial dan Struktur 155Modal Terhadap Kebijakan Dividen ( Studi Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012)

Arti Rikaningsih

Informasi Dasar

14.04.276
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor pertambangan merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam menopang perekonomian di Indonesia. Banyak investor dari dalam negeri maupun luar negeri yang tertarik untuk menanamkan dananya di perusahaan pertambangan. Banyaknya pemegang saham yang baru di suatu perusahaan tentunya akan mempengaruhi struktur kepemilikan saham dan modal di perusahaan. Salah satu tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan kekayaan pemegang saham. Maksimalisasi perusahaan dapat dipengaruhi oleh keputusan yang meliputi kebijakan dividen dan keputusan pendanaan. Namun adanya perbedaan kepentingan antara manajemen dan pemegang di perusahaan dapat mengakibatkan konflik yang berdampak pada keputusan perusahaan yang kurang optimal pada akhirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan manajerial dan struktur modal terhadap kebijakan dividen pada sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2008-2012 secara parsial maupun simultan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur kepemilikan manajerial dan struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), sedangkan variabel dependennya adalah kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan didapatkan tujuh perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan model Common Effect. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel bebas struktur kepemilikan manajerial yang berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR). Secara simultan, seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Selain itu, diperoleh bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 23,276% yang berarti bahwa variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 23,276% sedangkan sisanya 76,724% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Keyword : Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal, Kebijakan Dividen

Subjek

DIVIDEND POLICY
 

Katalog

Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial dan Struktur 155Modal Terhadap Kebijakan Dividen ( Studi Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012)
 
48p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arti Rikaningsih
Perorangan
Muhammad Azhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini