Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology / ICT) selama dekade terakhir membawa tren baru di dunia industri komunikasi yakni konvergensi media. Arus informasi yang berlangsung sejak terjadi konvergensi media menjadi makin personal, karena tiap orang mempunyai kebebasan untuk memilih informasi yang mereka butuhkan sehingga terbentuklah media online detikcom yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru dalam websitenya.
Penelitian ini membahas tentang salah satu new media dari konvergensi media, yaitu media online (internet) dengan judul “Efektivitas Media Online Detikcom Sebagai Sumber Informasi Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung”. Teori dasar penelitian ini yaitu teori computer mediated communication beserta dimensinya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fikom Unisba dengan jumlah 1162 orang. Untuk menentukan jumlah sampel dengan digunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden, dan teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling dilakukan secara accidental sampling.
Hasil dari penelitian ini adalah media online detikcom efektif sebagai sumber informasi bagi mahasiswa Fikom Unisba dengan persentase sebesar 77,20%. Selain itu variabel accesibility menempati kategori sangat efektif. Hal ini menunjukan peran dari jenis perangkat keras yang digunakan serta jaringan internet yang baik dan tersebar luas, sangat penting untuk mengakses suatu media online sehingga diperolehnya sumber informasi yang mampu memenuhi kebutuhan individu secara umum.
Kata Kunci: Media Massa, Komunikasi Massa, Efektivitas, Media Online, New Media