Perkembangan bisnis di industri Information & Technology mengarah pada kondisi syarat akan persaingan, oleh karena itu diperlukan keunggulan bersaing yang dapat membantu perusahaan dalam menghadapai ketatnya persaingan bisnis. Menurut Tsai, Chen dan Chien (2011:1482), pengetahuan adalah sumber daya terpenting dalam menciptakan keunggulan kompetitif suatu perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian individu dan modal sosial terhadap motivasi karyawan PT. Prosia dalam aktifitas knowledge sharing. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Prosia DKI Jakarta sebanyak 44 orang dimana jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian survey, metode sampling yang digunakan sampling jenuh atau sensus dengan teknik analisis data structural equation model dengan pendekatan partial least square (PLS)
Berdasarkan pengolahan data dengan program SmartPLS Ver 2.0 M3 didapatkan modal sosial (MS) berpangaruh signifikan terhadap motivasi (MO). Hal ini menunjukkan modal sosial mempengaruhi motivasi karyawan PT. Prosia DKI Jakarta untuk melakukran knoeledge sharing. Semakin tinggi modal sosial (kepercayaan, komitmen, pemahaman pada norma yang berlaku, dan paradigma bersama) maka akan semakin besar motivasi (baik motivasi internal ataupun eksternal) karyawan untuk melakukan knowledge sharing. Selanjutnya modal sosial (MS) berpengaru signifikan terhadap aktivitas knowledge sharing (KS). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi modal sosial (kepercayaan, komitmen, pemahaman pada norma yang berlaku, dan paradigma bersama) maka akan semakin sering karyawan melakukan aktifitas knowledge sharing dan sebaliknya semakin rendah modal sosial (kepercayaan, komitmen, pemahaman pada norma yang berlaku, dan paradigma bersama) maka akan semakin jarang karyawan melakukan aktifitas knowledge sharing.
Kata Kunci: Kepribadian Individu, Modal Sosial, Motivasi, Knowledge Sharing, Partial Least Square (PLS)