Persaingan industri transportasi khususnya travel saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat yang memposisikan pemasar untuk selalu dapat mengembangkan dan merebut market share atau pangsa pasar. Hal ini disadari oleh travel Cipaganti, dengan brand image yang baik Cipaganti yakin akan mempertahankan posisi perusahaan dalam pasar hal ini juga akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang dan menjadikan konsumen loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna travel Cipaganti di Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kausal, dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dan metode teknik sampling convenience sampling. Dengan pengambilan sampel yaitu responden yang menggunakan travel Cipaganti lebih dari 5 kali dan responden yang berada di kota Bandung yang menuju Jakarta.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial brand image travel Cipaganti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (16,912) > ttabel (1,966). Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil Y = 3,357 + 0,305X. Berdasarkan uji koefisian determinasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa brand image memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan persentase pengaruh sebesar 41,82% Sedangkan sisanya sebesar 58,18% dipengaruhi oleh faktor lain diluar brand image yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti brand equity, brand trust, dan faktor lainnya.
Travel Cipaganti sebaiknya mempertahankan brand image yang sudah terbentuk dengan cara meningkatkan kualitas layanan agar konsumen tetap percaya dan juga memperhatikan kebersihan serta tatanan setiap pool dari travel Cipaganti itu sendiri.
Kata Kunci: Pemasaran, Brand Image, Loyalitas Pelanggan