ABSTRAK
Sepatu Converse telah menjadi sebuah mindset sepatu untuk sekolah di kalangan pelajar dan mahasiswa, hal ini ditemukan pada sebuah survei Top Brand Awards yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group. Hasil survei menemukan adanya minat beli yang tinggi pada sepatu Converse di kalangan pelajar dan mahasiswa, serta berdasarkan hasil wawancara, menggunakan sepatu Converse menjadi sebuah personalitas penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh brand personality terhadap minat beli pelajar dan mahasiswa di kota Bandung. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran brand personality sepatu Converse, gambaran minat beli pelajar dan mahasiswa, dan seberapa besar pengaruh brand personality terhadap minat beli pelajar dan mahasiswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh brand personality terhadap minat beli. Sample pada penelitian ini berjumlah 400 responden dan berasal dari pelajar dan mahaiswa Kota Bandung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa brand personality berada pada kategori baik dengan hasil sebesar 80,87%, dan minat beli sebesar 84,92% menunjukan pada kategori sangat baik. Hasil analisis regresi berganda menujukan variable excitement, competence dan sophistication berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dan koefisien determinasi menunjukan bahwa variabel brand personality berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli sebesar 32,50%, dan 67,50% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Merek, Kepribadian Merek, Minat Beli.