PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PRUDENTIAL ASSURANCE ACCOUNT UNIT LINK DI KARAWANG

BELA MEIPURI

Informasi Dasar

78 kali
14.04.386
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak hal yang harus dilakukan oleh penyedia jasa asuransi untuk dapat memenangkan persaingan dan agar tetap eksisten di bidangnya. Dengan menggunakan bauran pemasaran jasa yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik diharapkan dapat mengetahui apa yang mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian suatu produk. Maka dari itu diharapkan dalam penelitian ini dapat mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Prudential Assurance Account Unit Link di Karawang. Bauran pemasaran jasa terdiri dari tujuh variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu : Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik (Lovelock & Wirtz, 2007:22) ketujuh variabel tersebut dikendalikan dan dipadukan satu sama lain oleh perusahaan sehingga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil proses keputusan pembelian (Kotler dan Keller, 2009:235). Proses keputusan pembelian timbul karena penilaian yang objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan nasabah mengenai pelaksanaan bauran pemasaran jasa, mengetahui proses keputusan pembelian produk PAA Unit Link, dan mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa baik secara parsial maupun simultan terhadap proses keputusan pembelian produk PAA Unit Link di Karawang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kausal. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling jenis purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, untuk analisis data digunakan analisis dekskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial didapat sub variabel promosi yang paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk PAA Unit Link di Karawang dengan nilai thitung sebesar 4,630 > nilai ttabel 1,986 dan nilai uji signifikansi sebesar 0,000 yang mana signifikansi lebih kecil dari signifikansi yang digunakan (0,05). Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan bauran pemasaran jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk PAA Unit Link di Karawang, hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (51,086 > 2,200) dengan tingkat signifikansi 0,000 (taraf signifikansi yang diterima ? = 0,05). Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa variabel bauran pemasaran jasa mampu menjelaskan proses keputusan pembelian sebesar 0,795 atau 79,5% dan sisanya sebesar 20,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Rekomendasi bagi perusahaan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan proses keputusan pembelian produk PAA Unit Link di Karawang dengan cara memperhatikan ketujuh bauran pemasaran jasa yang masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian di luar bauran pemasaran jasa.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa (Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik), Proses Keputusan Pembelian.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKETING MIX

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PRUDENTIAL ASSURANCE ACCOUNT UNIT LINK DI KARAWANG
 
xv, 100p.: il.; 29,5cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELA MEIPURI
Perorangan
Citra Kusuma Dewi
 

Penerbit

FKB Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini