ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN LEMBAGA KEROHANIAN MAHASISWA BERDASARKAN TEORI SCHMUCK(Studi Kasus pada lembaga kerohanian Institut Manajemen Telkom)

HENI RUSNIAWATI HIDAYAT

Informasi Dasar

14.04.419
378.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Suatu organisasi memiliki tujuan yang ingin dicapai. Pencapaian tujuan tersebut membutuhkan pendayagunaan berbagai sumber daya khususnya sumber daya manusia. Usaha sumber daya manusia untuk mewujudkan tujuan organisasi dapat diukur melalui beberapa faktor. Keberhasilan organisasi tidak dapat tercapai dengan sendirinya melainkan dengan adanya faktor-faktor tertentu. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian tentang faktor – faktor untuk mengukur keberhasilan organisasi tersebut. Berdasarkan teori Schmuck (1979) faktor-faktor untuk mengukur keberhasilan organisasi adalah : clarifying communication (kejelasan komunikasi), establishing goals (pencapaian tujuan), uncovering conflicts and interdependence (penyelesaian konflik), improving group procedure (meningkatkan prosedur kelompok), problem Solving (pemecahan masalah), making decisions (pembuatan keputusan) dan assessing changes (menilai perubahan). Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dominasi faktor-faktor yang mengukur keberhasilan organisasi pada lembaga kerohanian (LK) mahasiswa Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) berdasarkan teori Schmuck. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi penerapan faktor-faktor keberhasilan LK mahasiswa IM Telkom berdasarkan persepsi anggota lembaga kerohanian mahasiswa IM Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah second order confirmatory factor analysis (SOCFA) dan analisis deskriptif dengan menggunakan presentase. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi yang terdaftar secara resmi di dalam Lembaga Kerohanian (LK) mahasiswa yang berjumlah 266 orang. Sampel sebanyak 105 orang dengan mengunakan rumus Slovin, ditambah 45% untuk mengantispasi jika ada kuesioner yang tidak valid. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan pendekatan propotionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) tujuh dimensi keberhasilan organisasi yang dirumuskan oleh Schmuck terbukti signifikan mengukur tingkat keberhasilan organisasi dalam LK mahasiswa IM Telkom. Dari tujuh faktor tersebut, faktor yang paling dominan mengukur keberhasilan organisasi adalah faktor problem solving. 2) Berdasarkan persepsi anggota LK mahasiswa IM Telkom penerapan faktor-faktor keberhasilan organisasi berada pada katagori tinggi.

Kata Kunci : faktor – faktor keberhasilan organisasi, second order confirmatory factor analysis

Subjek

ORGANIZATION
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN LEMBAGA KEROHANIAN MAHASISWA BERDASARKAN TEORI SCHMUCK(Studi Kasus pada lembaga kerohanian Institut Manajemen Telkom)
 
89p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENI RUSNIAWATI HIDAYAT
Perorangan
Jafar Sembiring
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini