Pengaruh Celebrity Endorser Noah Terhadap Brand Awareness XL di Kota Bandung Tahun 2013

EVAN PETRUS JUWONO

Informasi Dasar

14.04.420
659.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam era teknologi informasi, perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia memicu persaingan antar perusahaan operator seluler semakin tinggi. Oleh karena itu, perusahaan melakukan aktivitas komunikasi pemasaran, mengacu pada teori, aktivitas yang disukai oleh perusahaan adalah advertising. Salah satu strategi beriklan yang dilakukan perusahaan yakni memberikan celebrity endorse pada iklannya. Seperti yang diterapkan oleh XL dalam menerapkan celebrity endorse untuk memasarkan produknya dengan menggunakan Noah sebagai endorser produk XL Bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser Noah, berdasarkan faktor attractiveness, similarity, likeability, trustworthiness, dan expertise, terhadap brand awareness XL di Kota Bandung Tahun 2013. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan studi pustaka. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (simultan) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh seluruh variabel bebas secara bersama-sama dan uji t (parsial) untuk mengetahui bagaimana pengaruh masing-masing variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat pada tingkat kepercayaan 95% (? =0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pengaruh celebrity endorser Noah yang didasari oleh attractiveness, similarity, likeability, trustworthiness, dan expertise, secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness XL di Kota Bandung Tahun 2013, dengan total kontribusi sebesar 7,02%, sedangkan sisanya sebesar 92,98% merupakan kontribusi faktor lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini. Secara parsial, hanya expertise yang berpengaruh signifikan terhadap brand awareness XL di Kota Bandung Tahun 2013. Peneliti menyarankan agar perusahaan menggiatkan kegiatan promosi yang memungkinkan tejadinya interaksi antara endorser dengan masyarakat untuk dapat meningkatkan kepercayaan (trustworthiness) dan daya tarik (likeability) konsumen terhadap produknya.

Kata kunci: Advertising, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Regresi Linier Berganda

Subjek

ADVERTISING
BRAND AWARENESS, MARKETING COMMUNICATION

Katalog

Pengaruh Celebrity Endorser Noah Terhadap Brand Awareness XL di Kota Bandung Tahun 2013
 
x, 104p.: il.; 29,5cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVAN PETRUS JUWONO
Perorangan
Eka Yuliana
 

Penerbit

FEB Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini