ABSTRAK
Model komunikasi politik yang dikembangkan para calon kepala daerah dalam pilkada langsung tidak hanya di fokuskan pada komunikan kelompok kecil, tetapi kelompok komunikan yang sangat besar. Semua rakyat daerah memiliki hak yang sama untuk memilih one man one vote4 sehingga secara umum komunikasi politik calon kepala daerah pun harus sampai kepada seluruh masyarakat.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pesan dalam komunikasi politik pasangan AHER-DEMIZ dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2013? (2) Bagaimana komunikator dalam komunikasi politik pasangan AHER-DEMIZ dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2013? (3) Bagaimana media dalam komunikasi politik pasangan AHER-DEMIZ dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2013?
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana data yang dikumpulkan tidak berbentuk angka, tetapi dalam bentuk kata, kalimat, pernyataan, dan konsep. Objek penelitian adalah Kantor Sekretariat dan Media Center Tim Kampanye Aher-Demiz berlokasi di Jalan Ir. H. Djuanda 248, Kota Bandung. Informan dalam penelitian ini yaitu dari pihak Tim Sukses dan PolMark Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan pesan/slogan yang diusung pasangan Achmad Heryawan – Deddy Mizwar antara lain “Kemenangan Pilbug Jabar 2013 adalah Upaya Penyelamatan Da’wah Nasional yang Sangat Strategis”, “Beruntunglah Kita Ada di Front Terdepan Penyelamatan Da’wah Nasional”, dan “Sabisa-Bisa, Kudu Bisa, Insyaalloh Pasti Bisa!”. Komunikator pemenangan pasangan Achmad Heryawan – Deddy Mizwar berasal dari Tim Sukses, Koalisi Partai Pengusung dan Pendukung, dan PolMark Indonesia. Selanjutnya media yang digunakan pasangan Achmad Heryawan – Deddy Mizwar misalnya spanduk-spanduk, baleho raksasa, selebaran, TV, Koran dan majalah-majalah, serta acara Debat Kandidat, Kampanye Sapa Masyarakat, Kampanye Simpatik, dan Kampanye Rapat Umum.