ABSTRAK
Bandung Creative City Forum atau yang disingkat dengan BCCF adalah sebuah komunitas yang didirikan di Kota Bandung, tepatnya tanggal 21 Desember 2008. Komunitas ini adalah komunitas yang mengusung inovasi yang kreatif serta bermanfaat untuk masyarakat dan komunitas kreatif Kota Bandung tentunya. pada tahun 2009 diluncurkan sebuah divisi program BCCF yang dinamakan dengan CEN (Creative Entrepreneur Network). CEN bergerak di bidang ekonomi yang memiliki beberapa jenis wirausaha kreatif komunitas dan akan berperan sebagai pusat jaringan antar pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya pengaruh industri pengembangan, pemasaran, program, kepemimpinan dan pencitraan indutri kreatif terhadap strategi rintisan usaha baru.Penelitian ini dilakukan di Bandung Creative City Forum.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey explanatory. Sampel penelitian ini sebanyak 37 orang anggota BCCF. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Non probability Sampling sedangkan sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Hasiluji statistic pada BCCF berdasarkan uji F menunjukkan hubungan yang kuat antara pengembangan, pemasaran, program, kepemimpinan dan pencitraan industri kreatif terhadap strategi rintisan usaha baru.Sementara hasil uji annova pada BCCF diketahui bahwaFhitung lebih besar dari Ftabel dan sig F menunjukkan signifikan sehingga Ho ditolakdan H1 diterima.
Disarankan untuk BCCF hendaklah membangun kebersamaan untuk terus bekerjasama dalam anggota komunitasdan terus mengembangkan strategi yang sudah dimiliki.
Kata kunci: industri kreatif dan rintisan usaha baru