PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) TERHADAP NIAT PROSPECTIVE USERS UNTUK MENGADOPSI HOME DIGITAL SERVICES PT. TELKOM DI SURABAYATAHUN 2013

GIOLIANO PUTRA

Informasi Dasar

14.05.040
658.834 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

“PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) TERHADAP NIAT PROSPECTIVE USERS UNTUK MENGADOPSI HOME DIGITAL SERVICES PT. TELKOM DI SURABAYA TAHUN 2013”

Home Digital Service merupakan teknologi yang penting bagi kemajuan inovasi teknologi dan perekonomian negara. Telkom perlu mengetahui apa yang menjadi faktor-faktor yang memengaruhi niat prospective users untuk mengadopsi penggunaan Home Digital Service PT. TELKOM di Surabaya agar target perusahaan dan pemerintah dapat dipenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor dalam modified UTAUT2 yang memengaruhi niat prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service PT. TELKOM di Surabaya, seberapa besar pengaruhnya, variabel yang memoderasi pengaruh antar konstruk, dan kemampuan prediksi modified UTAUT2 dalam memprediksi niat prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah kausal. Rancangan sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive atau judgement sampling. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebanyak 200 sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan partial least square (PLS) dengan smartPLS 2.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa seluruh konstruk eksogen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap konstruk endogen. Hedonic motivation, social influence, price value, facilitating condition, effort expectancy, dan performance expectancy memiliki pengaruh sebesar 0.260, 0.194, 0.138, 0.116, 0.094, dan 0.090. Variabel moderasi age (usia) hanya memoderasi pengaruh facilitating condition dan price value terhadap niat (behavioral intention) prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Sementara variabel moderasi jenis kelamin (gender) hanya memoderasi pengaruh performance expectancy, social influence, dan price value terhadap niat (behavioral intention) prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Modified UTAUT 2 dalam penelitian ini dapat memprediksi 54.8% behavioral intention penggunaan Home Digital Service PT. TELKOM di Surabaya.

Kata Kunci: Home Digital Service, prospective users, Modified UTAUT2, Telekomunikasi.

ABSTRACT

“THE EFFECT OF MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) FACTORS TOWARD PROSPECTIVE USERS BEHAVIORAL INTENTION TO ADOPT HOME DIGITAL SERVICES PT. TELKOM SURABAYA 2013”

Home Digital Service is an important technology for the advancement of technology innovation dan economic growth in a country. Telkom needs to understand the factors affecting prospective user’s behavioral intention to adopt Home Digital Service PT. TELKOM Surabaya in order to meet company’s and nation’s objectives. The objectives of this research are to understand the modified UTAUT2 factors that is affecting prospective user’s behavioral intention to adopt Home Digital Service PT. TELKOM Surabaya, the magnitude, moderating variable that moderates the effects between constructs, and prediction ability of modified UTAUT2’s in predicting prospective user’s behavioral intention to adopt Home Digital Service PT. TELKOM Surabaya. This research uses quantitative approach. This is a causal research. The sampling plan of this research uses nonprobability sampling which is purposive or judgement sampling method. Data collection in this research is conducted by the researcher using questioners for 200 samples. Data analysis in this research uses partial least square (PLS) that is operated in smartPLS 2.0. Based on the research result shows that each exogen constructs has positive and significant effect toward the endogen construct. The magnitude of Hedonic motivation, social influence, price value, facilitating condition, effort expectancy, and performance expectancy is 0.260, 0.194, 0.138, 0.116, 0.094, dan 0.090. Age only moderates the effect of facilitating condition and price value toward prospective user’s behavioral intention to adopt Home Digital Service in Surabaya. Gender only moderates the effect of performance expectancy, social influence, and price value toward prospective user’s behavioral intention to adopt Home Digital Service in Surabaya. Modified UTAUT2 that is used in this research can predicts 54.8% of behavioral intention to adopt Home Digital Service in Surabaya.

Keywords: Home Digital Service, prospective users, Modified UTAUT2, Telecommunication.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) TERHADAP NIAT PROSPECTIVE USERS UNTUK MENGADOPSI HOME DIGITAL SERVICES PT. TELKOM DI SURABAYATAHUN 2013
 
xiv, 176p.: il.; 21cm + lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIOLIANO PUTRA
Perorangan
Maya Ariyanti
 

Penerbit

FEB Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini