ABSTRAK
Tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh sebuah tempat wisata di Kota Makassar yaitu Pantai Losari. Permasalahan yang muncul begitu banyak, namun peneliti memilih untuk meneliti permasalahan yaitu kurangnya media informasi berupa aplikasi handphone untuk para wisatawan akan pengetahuan mereka tentang Pantai Losari. Peneliti diharapkan mampu memberikan solusi akan permasalahan yang diambil sebagai bahan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah membuat media informasi berupa aplikasi handphone untuk membantu para pengunjung mendapatkan informasi tentang Pantai Losari seperti dalam hal kuliner, event, hotel, dan info lainnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan survei langsung ke lokasi penelitian yaitu Pantai Losari, menggunakan pendekatan sikap, opini, kusioner terhadap partisipan/wisatawan yang berkunjung ke Pantai Losari. Analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis SWOT, dimana analisis ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan meminimumkan kelemahan media yang akan dibuat nantinya. Dari perancangan diatas, hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi handphone yang berisi tentang informasi Pantai Losari. Aplikasi ini akan di promosikan melalui sebuah event yang bernama The Color Run. Dipilihnya acara ini dikarenakan target audience yang ditujukan adalah sama, jadi memudahkan dalam mempromosikan atau memperkenalkan aplikasi yang bernama Losari Ta’. Dengan pemilihan warna berdasarkan suku Bugis-Makassar dan tampilan layout berdasarkan tampilan aplikasi handphone pada umumnya.
Kata kunci : wisata, aplikasi handphone , promosi, event The Color Run,