Perancangan Action Game "Tunjuk Ajar" Sebagai Media Revitalisasi Budaya Tunjuk Ajar Melayu Riau

DINI UMAIROH

Informasi Dasar

88 kali
14.04.482
794.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Budaya Tunjuk Ajar memiliki kedudukan yang sangat penting bagi suku Melayu karena posisinya yang diletakkan berada di bawah posisi agama dan dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Pada saat ini budaya Tunjuk Ajar mengalami pergeseran posisi dan nilai-nilai luhur kebudayaan. Hal ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan era globalisasi dan banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia tanpa disaring terlebih dahulu. Oleh karena itu dibutuhkan media baru yang sesuai dengan perkembangan zaman untuk upaya revitalisasi dan tetap melestarikan keberadaan budaya Tunjuk Ajar Melayu. Untuk mendapatkan solusi, maka data yang sudah ada di analisis dengan menggunakan metode pendekatan ground theory serta analisis SWOT. Metode pendekatan ground theory yang dilakukan yaitu mengkaji teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang diangkat, bidang keilmuan, khalayak sasaran, serta media yang akan digunakan. Sementara analisis SWOT mengkaji mengenai media-media yang sudah ada dan media baru yang di dapat dari hasil metode pendekatan ground theory. Berdasarkan hasil analisis maka pada proyek Tugas Akhir ini akan dirancangan sebuah game smartphone yang bertemakan budaya Tunjuk Ajar untuk mempermudah upaya revitalisasi dan pelestarian kembali budaya Tunjuk Ajar di kalangan generasi penerus yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Subjek

GAMES DESIGN
 

Katalog

Perancangan Action Game "Tunjuk Ajar" Sebagai Media Revitalisasi Budaya Tunjuk Ajar Melayu Riau
-
133p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINI UMAIROH
Perorangan
Aris Rahmansyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini