Perancangan Kampanye Sehat Dengan 30 Menit Bersepeda di Kota Bandung

ELDINA SYAHRINA

Informasi Dasar

14.04.485
659.113
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PERANCANGAN KAMPANYE SEHAT DENGAN 30 MENIT BERSEPEDA DI KOTA BANDUNG

Polusi udara di kota Bandung semakin meningkat di tahun 2012 dan 2013. Dampak polusi udara bagi kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), termasuk di antaranya, tingginya emosi manusia, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Salah satu dampak kronis dari polusi udara adalah bronchitis dan emphysema. Berdasar data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udaralah penyebab utama kanker paru-paru. Di Indonesia, polusi udara telah menyebabkan kematian 60.000 orang per tahun.  
Bersepeda secara rutin dapat mengurangi resiko terserang penyakit berbahaya yang diakibatkan dari dampak buruk polusi udara seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) jantung, paru-paru, stroke, asma dan penyakit kronis lainnya. Jika bersepeda dengan baik, benar, teratur, dan terukur, bersepeda akan mampu meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru dalam sehari-hari. Idealnya, latihan bersepeda dapat dilakukan 30 hingga 60 menit dalam sehari.
Dengan melakukan observasi, wawancara dan analisis SWOT maka untuk mengajak remaja untuk menjaga kesehatan dari bahaya polusi udara, dengan mengajak remaja untuk bersepeda 30 menit per hari dan menggunakan media utama yaitu event. Di event, remaja akan mendapatkan informasi dan pengalaman secara langsung (bertemunya komunikator dan komunikan). Dibutuhkan pula media yang bersifat tahan lama, memuat banyak informasi, dan dapat dilihat secara berulang – ulang yaitu booklet yang berisikan manfaat 30 menit bersepeda dan tips bersepeda yang sehat.

Kata kunci : 30 menit bersepeda, booklet, ISPA, Polusi udara,

Subjek

ADVERTISING CAMPAIGNS
 

Katalog

Perancangan Kampanye Sehat Dengan 30 Menit Bersepeda di Kota Bandung
-
62p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELDINA SYAHRINA
Perorangan
Gandara Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini