Perancangan Promosi Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia Di Kota Bandar Lampung

TIARA MAHARANI

Informasi Dasar

173 kali
14.04.486
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Perancangan Promosi Kopi Sinar Baru Cap Bola Dunia Di Kota Bandar Lampung

Oleh : Tiara Maharani NIM :1401100119

Meminum kopi sudah menjadi kegiatan rutin setiap orang terutama di pagi hari sebelum beraktivitas ataupun sore hari selesai beraktivitas. Kini minuman ini yang sangat populer di seluruh dunia, kepopuleran minuman ini menjadi gaya hidup lapisan masyarakat. Kopi-kopi yang berkualitas baik, lebih banyak diekspor daripada dijual di dalam negeri. Sehingga pola usaha seperti ini mempengaruhi selera minum masyarakat. Selera minum kopi dari bahan kopi yang berkualitas rendah ini terbawa secara turun temurun hingga sekarang dan bahkan banyak kita temui kopi yang dijual di masyarakat dicampur dengan beras atau jagung yang dikenal dengan “kopi jitu” yaitu “kopi siji jagung pitu” serta kopi instan, kopi dengan campuran kopi jenis lainya (blending). Tidak terkecuali Lampung sebagai sentral produksi kopi di pulau Sumatera. Sebagai lumbung kopi nasional, Lampungpun menjadi wilayah produsen kopi Robusta lokal. Salah satu produsen kopi bubuk tertua di Lampung yang berdiri sejak tahun 1911 dengan nama awal Njit Sin Hoo (Njit = Sinar, Sin = Baru dan Hoo = Merek, dalam bahasa Cina Haka), yang didirikan oleh bapak Lie Phiang Cong hingga turun ke generasi keempatnya bapak Willy Sukianto dan Lucas Sukianto. Walaupun usaha ini telah lama berdiri sejak jaman Belanda, tak membuat Sinar Baru cap Bola Dunia dikenal luas oleh masyarakat Lampung khususnya kota Bandar Lampung sebagai pusat ibu kota dan pangsa pasar utamanya dan kurang kuatnya positioning merek kopi Sinar Baru cap Bola Dunia dibenak konsumen membuat konsumen tidak mengenal baik produk kopi Sinar Baru cap Bola Dunia terhadap merek kopi yang menirunya. Banyaknya kompetitor yang meniru produk dari Sinar Baru cap Bola Dunia baik dari penggunaan nama, logo dan kemasan produk membuat kesalahan penafsiran akan produk Sinar Baru cap Bola Dunia dipasaran. Peniruan brand produk, tentu memberikan keuntungan bagi penirunya baik dari segi finansial maupun “pendompleng” citra baik dari brand produk yang ditiru. Namun bagi produk yang ditiru tentu memberikan kerugian. Dengan melakukan observasi, wawancara dan analisis SWOT maka didapatkan strategi promosi yang teoat digunakan oleh PD. Sinar Baru cap Bola Dunia dalam menguatkan positioning merek mereka di benak konsumennya sehingga kesalahan penafsiran produk di benak konsumen dapat diminimalisir. Strategi marketing Personal Selling merupakan salah satu strategi penjualan yang sangat efektif dilakukan oleh sebuah produk konsumsi karena dalam Personal Selling terjadi interaksi tatap muka secara langsung kepada konsumen, efek yang diharapkanpun dapat terjadi secara cepat dan dapat menguatkan positioning merek produk di benak konsumen melalui pemberian informasi produkPemilihan booth sebagai media utama karena booth produk yang di desain menarik dapat menarik perhatian dan rasa penasaran target market sehingga target market datang dan membeli produk yang di tawarkan. Dengan adanya booth produk target market akan menilai bahwa produk yang ditawarkan bukan produk sembarangan

Kata kunci : Kopi, Lampung, Sinar Baru cap Bola Dunia, Promosi dan Personal Selling

Subjek

PROMOTION-MEDIA
 

Katalog

Perancangan Promosi Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia Di Kota Bandar Lampung
-
93p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIARA MAHARANI
Perorangan
Muhammad Iskadar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini