ABSTRAK
Iqro adalah sebuah metode belajar Al-qur’an yang diperkenalkan oleh ustadz As’ad Humam. Metode iqro memiliki enam jilid buku yang memiliki tingkat kesulitan berbeda. Metode iqro sangat banyak digunakan dalam proses belajar Al-qur’an termasuk dalam Taman kanak-kanak Al-qur’an (TKA). Metode iqro di TKA menggunakan buku iqro, dimana anak membaca mengikuti arahan dari gurunya. Untuk memberikan hal yang baru dan lebih menarik dibuatlah aplikasi mengenal huruf hijaiyah berbasis flash yang berisikan materi iqro satu dan dua yang dapat membantu guru dan memberikan suatu hal yang baru untuk anak mempelajari iqro.
Aplikasi mengenal huruf hijaiyah untuk TKA berbasis flash berisikan materi iqro satu dan iqro dua. Selain materi iqro aplikasi juga berisikan kuis dan video mengenal huruf hijaiyah. Aplikasi menggunakan metode multimedia interaktif, dimana aplikasi memberikan kesempatan user untuk berinteraksi dengan aplikasi. Interaksi yang dilakukan adalah dengan mengerjakan kuis, menekan tombol untuk mengeluarkan suara, dan video animasi.
Aplikasi dibangun dengan menggunakan software Adobe flash CS6, wavepad, photoshop, dan flash player. Dengan adanya aplikasi mengenal huruf hijaiyah untuk taman kanak-kanak al-qur’an berbasis flash diharapkan bisa meningkatkan minat anak terhadap mempelajari iqro.
Kata Kunci: Iqro, Al-qur’an, Multimedia.