Dunia pendidikan untuk saat ini masih kurang effektif dan efisien dalam proses belajar mengajar. Dikarenakan proses belajar mengajar yanghanya masih menggunakan buku. Dengan hanya menggunakan buku saja mahasiswa/i masih sulit untuk menerima dan memahami informasi yang terdapat pada buku tersebut.
Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas). Beberapa perguruan tinggi menyelenggarakan kegiatan pembelajaran elektronik sebagai suplemen (tambahan) terhadap materi pelajaran yang disajikan secara reguler di kelas. Namun, beberapa perguruan tinggi lainnya menyelenggarakan e-Learning sebagai alternatif bagi mahasiswa yang karena satu dan lain hal berhalangan mengikuti perkuliahan secara tatap muka. Dalam kaitan ini, e-Learning berfungsi sebagai option (pilihan) bagi mahasiswa.
e-Learning matematika diskrit ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam proses belajar – mengajar. Pada e-Learning matematika diskrit ini membahas materi tentang relasi basis data, fungsi dalam kriptografi, graf dan pewarnaan graf, short path, dan pohon dan kode Huffman. Untuk menunjang proses belajar mengajar matematika diskrit ini di butuhkan sebuah aplikasi. Aplikasi ini berbasis Adobe Flash. Diharapkan dengan adanya aplikasi e-Learning matematika diskrit ini proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan efisien.