ABSTRAK
Situs kampung Cikondang berada disalah satu kabupaten Bandung Selatan didaerah
Pengalengan, masyarakat desa Cikondang merupakan penduduk suku Sunda yang memiliki
leluhur dari Cirebon. Didalam adat budaya situs kampung Cikondang masyarakatnya masih
kental dengan aturan budaya dan adat nya.
Kurangnya promosi wisata terhadap situs kampung Cikondang menyebabkan perlunya
cara yang tepat untuk menginformasikan atau mempromosikan keberadaan situs kampung
Cikondang kepada remaja di Bandung baik di kabupaten maupun di kota Bandung.
Setelah melakukan penelitian langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara, dan
kuesioner penulis menemukan solusi media untuk menginformasikan secara tepat kepada
halayak sasaran, melalui video promosi.
Video promosi situs kampung Cikondang merupakan media informasi dalam mengenalkan situs kampung Cikondang kepada remaja di Bandung baik di kota maupun di
kabupaten Bandung dengan menggunakan video yang akan diputarkan secara masal di sekolahsekolah
SMP-SMA di Bandung, seiring dengan kurangnya pengetahuan remaja akan situs
kampung Cikondang dalam mengenal dan mengetahui situs tersebut maka perlunya pendekatan
atau pengenalan melalui keilmuan Desain Komunikasi Visual (DKV).
Keilmuan Desain Komunikasi Visual (DKV) berperan penting dalam menyelesaikan
sebuah masalah. salah satunya melalui promosi dalam ilmu DKV yang dapat memecahkan suatu
masalah melalui berbagai strategi promosi, penulis menggunakan strategi promosi melalui media
video promosi di situs kampung Cikondang.
Video promosi di rancang sebagai media informasi untuk mengenalkan situs kampung
Cikondang ke pada remaja secara efektif, karena video merupakan media yang sangat efektif
untuk memberikan informasi yang lebih jelas melalui visual dan suara kepada remaja.
Kata kunci : Situs kampung Cikondang, Promosi, remaja, DKV.