Basis data adalah tempat penyimpanan file data, sebagai file data, basis data tidak menyajikan informasi secara lansung kepada pengguna. Pengguna harus menjalankan aplikasi untuk menjalankan basis data dan menyajikan dalam bentuk yang bisa dimegerti, oleh karena itu diperlukan perancangan basis data yang baik.Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa adalah sulitnya mempelajari buku- buku pendidikan yang sepenuhnya membahas materi dan informasi berupa tulisan.
Untuk mendukung proses pembelajaran mengenai basis data diperlukan sebuah aplikasi content e- Learning basis data yang bertujuan untuk membantu proses pembelajaran sehingga lebih mudah memahami materi basis data. Untuk mencapai deskripsi tersebut maka, dibangunlah sebuah aplikasi berbasis flash (content e-Learning basis data) dengan menggunkan Actionscript 2.0 dan swishMax4 yang lebih efektif dan effisien sehingga sangat diharapkan untuk meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran khususnya basis data.
E-Learning basis data ini hanya membahas beberapa materi dalam basis data yaitu, pengenalan basis data, ERD, table relasi dan structure query language (DDL) yang disertai simulasi soal pada masing- masing materinya.
Kata Kunci : e-Learning, basis data