Orangutan merupakan salah satu kera merah yang khas dari Indonesia, binatang ini termasuk dalam hewan yang terancam punah, ini dikarenakan ulah manusia yang sering merusak habitat mereka. Banyaknya penebangan secara liar, dan perburuan orangutan yang seharusnya tidak boleh dilakukan. menurut aktivis WWF Indonesia ini dikarenakan kurangnya pengetahuan akan manfaat kehidupan Orangutan. Tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah untuk meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap orangutan yang merupakan binatang khas Indonesia, mendorong anak untuk melakukan aksi kepedulian dengan cara menyumbang demi membantu konservasi yang telah melindungi orangutan serta untuk mengetahui sejauh mana penerapan ilmu Desain Komunikasi Visual dapat membantu memecahkan permasalahan-permasalahan nyata yang ditemukan dalam perancangan media pendukung kampanye ini. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan melakukan wawancara langsung ke organisasi atau perusahaan yang bersangkutan yaitu WWF dan analisa Attention, Interest, Desire, Conviction, Action (AIDCA), pengamatan dengan target audience dan juga membaca buku yang berkaitan tentang komunikasi visual untuk data yang dibutuhkan. Hasil yang dicapai adalah perancangan buku Pop up yang dapat menjadi media pendukung kampanye yang menarik untuk anak-anak dengan konten yang informatif mengenai kampanye orangutan yang diadakan WWF.
Kesimpulan yang didapat adalah dengan tampilan visual yang menarik dan berisi konten yang informatif dapat meningkatkan awareness anak-anak juga membuat mereka terdorong untuk melakukan aksi kepedulian.