Persaingan industri telekomunikasi yang semakin ketat menuntut operator seluler untuk mencari lini bisnis lain di luar SMS dan voice dalam meningkatkan revenue dan competitive advantage mereka. Salah satu lini baru tersebut adalah mobile advertising yang memanfaatkan sarana mobile baik melalui SMS maupun MMS untuk mengiklankan suatu brand kepada pelanggan operator tertentu. Salah satu bentuk mobile advertising tersebut adalah Location Based Advertising (LBA). LBA merupakan salah satu bentuk mobile advertising dimana pesan advertising dikirimkan berdasarkan lokasi serta ketentuan tertentu yang diinginkan oleh brand beriklan. Hal tersebut memungkinkan pengiklan untuk memilih target advertising berdasarkan kriteria tertentu seperti ARPU, gender, dan usia sehingga target yang diincar bisa lebih spesifik dan tepat sasaran.
Di Indonesia, penerapan LBA masih tergolong baru bila dibandingkan dengan jenis mobile advertising lainnya.Telkomsel sebagai salah satu operator incumbent merupakan operator pertama yang menerapkan LBA di Indonesia. Penerapan tersebut dilakukan pertama kali di Jakarta, kota memiliki jumlah Mall terbanyak di Indonesia yang merupakan salah satu lokasi utama dalam penerapan LBA. Dengan ditunjang oleh jumlah pelanggan yang mencapai lebih dari 100 juta pelanggan, penerapan LBA pada dasarnya sangat potensial dalam peningkatan revenue dari Telkomsel. Meskipun demikian LBA memiliki kecenderungan untuk dipersepsikan sebagai spam oleh penerimanya. Hal tersebut menyebabkan keberadaan LBA memiliki kemungkinan mempengaruhi sikap dari pelanggan Telkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh elemen Location Based Advertising terhadap Sikap Pelanggan baik secara simultan maupun parsial.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan Content sebagai Variabel X1, Time Of Transmission sebagai Variabel X2, Personalization sebagai Variabel X3, Consumer Controll, Permission, and Privacy sebagai Variabel X4, dan Sikap Pelanggan sebagai Variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian, Location Based Advertising dan Sikap Pelanggan mendapakan tanggapan “Baik”. Selain itu secara simultan Elemen Location Based Advertising berpengaruh signifikan terhadap Sikap Pelanggan dengan pengaruh sebesar 21,2%. Secara parsial elemen Content dan Consumer Controll, Permission, and Privacy berpengaruh secara signifikan terhadap Sikap Pelanggan Telkomsel masing-masing sebesar 5,2% dan 13,2%. Di lain pihak elemen Time Of Transmission dan Personalization tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Sikap Pelanggan Telkomsel masing-masing sebesar 1,2% dan 1,4%.
Kata Kunci: Elemen Location Based Advertising, Sikap Pelanggan, Regresi Linier Berganda