ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Bandung TaxiBike yang merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi di Bandung dengan menggunakan program promosi penjualan sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan adalah konsumen pengguna jasa Bandung TaxiBike selama masa rebranding yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, selanjutnya digunakan teknik sampling kemudahan sehingga di dapatkan sampel sebanyak 100 orang.
Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalits, analisis regresi linear sederhana, korelasi pearson product moment, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa program promosi penjualan yang dilakukan oleh Bandung TaxiBike berada dalam kategori baik dan keputusan pembelian konsumen termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian, program promosi penjualan secara parsial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sebesar 61,1%. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa program promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan total kontribusi sebesar 37,33% sedangkan sisanya 62,67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Untuk lebih meningkatkan pembelian konsumen diharapkan Bandung TaxiBike mempertahankan program promosi yang ada dengan meningkatkan intensitas promosi penjualan. Selain itu, disarankan Badung TaxiBike lebih meningatkan penggunaan media elektronik dan internet dalam melakukan promosi penjualan dan mempublikasikan penyebaran informasi karena media tersebut terbukti memiliki peran yang besar dalam penyebaran informasi sesuai dengan karakteristik atau segmentasi dari Bandung TaxiBike.
Kata Kunci: Promosi Penjualan dan Keputusan Pembelian