Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi literature. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan mahasiswa angkatan 2009 ketika memilih Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis, kemudian untuk mengetahui harapan mahasiswa angkatan 2009 setelah lulus terhadap Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Selain itu faktor-faktor pembentuk harapan mahasiswa angkatan 2009 terhadap Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, harapan mahasiswa angkatan 2009 ketika memilih Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas dan Bisnis adalah (1) bekerja di perusahaan Telkom, (2) mempelajari Ilmu Komunikasi, (3) mengembangkan bakat. Berdasarkan elemen harapan Parasuraman, harapan mahasiswa angakatan 2009 Program Studi Ilmu Komunikasi setelah lulus meliputi elemen realibilitas, bukti fisik, jaminan. Sementara faktor pembentuk harapan mahasiswa angkatan 2009 terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi di Fakultas Komunikasi dan Bisnis adalah kebutuhan dan dari mulut ke mulut (word of mouth).